Kerja Keras vs Kerja Cerdas


Chairul Anwar - September 1, 2021

Sejak kecil kita sudah diajarkan bekerja keras untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Bisa dari berusaha dulu, lalu menabung, atau bisa langsung mendapatkan apa yang kita inginkan saat itu juga. Namun, saat ini muncul istilah kerja cerdas yang dirasa bisa cukup ‘menggantikan’ kerja keras. Memang apa sih kerja cerdas itu? Kerja cerdas artinya kita mengerjakan sesuatu dengan usaha seminimal mungkin untuk hasil yang semaksimal mungkin. Kita bisa menempatkan porsi pekerjaan kita sesuai dengan yang kita harapkan dengan waktu dan usaha yang efektif.

Lalu apakah kerja cerdas lebih baik dari kerja keras? Biasanya orang-orang yang suka kerja cerdas mempunyai pemahaman bahwa mereka mengerjakan pekerjaan mereka berdasarkan kualitas karena kuantitas tidak menjamin apakah bisa efektif atau tidak. Diiringi juga dengan dinamika zaman yang kian cepat berubah, kerja cerdas perlu

kita terapkan agar mampu beradaptasi, contohnya ketika revolusi pada bidang teknologi semakin pesat. Perkembangan teknologi menuntut kita untuk selalu adaptif dan bekerja cerdas, kenapa? Karena agar tak kalah dengan teknologi itu sendiri.

Maka dari itu penting untuk kita bisa menerapkan cara kerja cerdas agar kita bisa semaksimal mungkin mendapatkan apa yang menjadi tujuan kita dengan efektif. Berikut langkah-langkah cara menerapkan kerja cerdas yang mudah kamu terapkan:

black and white typewriter on green textile

Pahami tujuan dan pekerjaan kamu

Fokus pada apa yang ingin dicapai adalah cara agar kita tidak mudah tergoda dengan hal-hal lainnya sehingga tujuan bisa cepat tercapai.

Buat prioritas dan susun langkah untuk mencapainya

Kamu bisa membuat to-do list di mulai dari hari ini, besok, atau seminggu ke depan akan melakukan apa. Kerjakan terlebih dahulu yang menjadi prioritas dan kamu bisa sertakan juga step by step dari masing-masing item pekerjaan itu.

Menerapkan teknik 80 da 20

Teknik ini cukup terkenal untuk menerapkan cara kerja cerdas. Yaitu dengan menggunakan 80% energi untuk fokus menyelesaikan 20% pekerjaan yang paling berat. Hal ini dimaksudkan agar ketika mengerjakan pekerjaan yang lebih ringan akan terasa mudah.

person on hammock

Istirahat yang cukup

Kita perlu memiliki waktu istirahat yang cukup agar ketika menyelesaikan pekerjaan bisa fokus dan tidak akan terganggu dengan hambatan mengantuk, lelah, dll yang menyebabkan pekerjaa kita tertunda.

Evaluasi pekerjaan

Penting untuk dijadwalkan rutin guna melihat kualitas pekerjaan kita apakah sudah sesuai atau belum, agar menjadi pelajaran kedepannya sehingga hasil pekerjaan semakin hari semakin baik.

 Itu dia beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk bisa kerja cerdas. So, lebih nyaman kerja keras atau kerja cerdas untuk kamu terapkan kedepannya? Yang tak kalah penting, ketahui apa yang menjadi tujuanmu ya!

Bagi anda yang berminat untuk memiliki unit apartemen di Vasaka Nines. Ada promo special bulan ini yaitu, harga mulai dari 17 Jutaan/M2, Subsidi hingga 160 Jutaan Rupiah, Free PPN hingga 150 Jutaan Rupiah, Free Furnished. Hubungi whatsapp di 081291999936, kunjungi website di www.vasakanines.com , atau kunjungi Kantor Marketing Jl. Sunburst CBD BSD Lot 1.9. BSD. Tangerang.

*syarat dan ketentuan berlaku

Related posts